Minggu, 06 November 2011 |

situs nambangan

Situs Nambangan berada di dusun Nambangan, Desa Rejowinangun Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Magelang, Jawa Tengah. situs ini berada di areal pemakam umum.

yoni situs nambangan

situs ini menyisakan beberapa batu bata kuno berukuran besar, berbeda dengan ukuran batu bata normal yang kini berada di pasaran. selain batu bata kuno, disitus ini juga masih dapat ditemui sebuah yoni berukuran 1,25m x 1,25 m dengan kondisi setengah bagian cerat dan setegah tubuhnya menghilang. Kemungkinan dikarenakan telah dihancurkan oleh seseorang, yang biasanya berlatar belakangi oleh faham tentang keagamaan.

batu bata candi nambangan

batu bata kuno yang tersebar di situs ini kebanyakan digunakan sebagai pondasi makam. selain batu bata kuno di pemakaman ini juga masih bisa ditemuyi beberapa batu andersite dengan pahatan yang mencirikan bekas sebuah bangunan klasik. bila itu benar, berarti candi nambangan dahulunya menggunakan bahan batu berupa batu andersite dan batu bata .

batu andersite

dilihat dari adanya peninggalan berupa sebuah yoni, bisa dipastikan dahulu bangunan candi yang pernah terbangun kokoh di situs ini. digunakan oleh umat hindu shiwa sebagai media peribadatan.


NB : dengan anda mengunjungi situs cagar budaya dan sejarah bangsa ini, secara tidak langsung anda telah melestarikan saksi sejarah bangsa yang masih tersisa.. dan jangan biarkan batu-batu kuno tersebut hanya dijadikan sebagai dongeng masa kecil kita yang lambat laun bisa punah dikikis jaman..


selamat kelayapan..
salam budaya, salam nyariwatu slalu..

Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar

bangs yang bijak adalah bangsa yang hebat mengkritik dan mengapresiasi... mari di komentar?